Rabu, 20 Januari 2010

Masak Telur Isi Kacang




Mungkin ada beberapa dari kalian yang masih berstatus lacto ovo vegetarian, partical vegetarian, ataupun semi vegetarian,
atau ada juga yang tidak mengklaim sebagai seorang vegetarian tapi selalu berusaha untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat.
Nah, kali ini saya mau berbagi pengalaman lagi nihh....Terus terang, konsumsi telur saya dan terlebih orang-orang di rumah
saya sangatlah tinggi. Bisa dikatakan hampir setiap hari di rumah saya memasukkan telur ke menu makanan. Namun, saya sendiri
sadar bahwa telur tidak sepenuhnya sehat, terutama bagian kuning telur. Jadi, saya agak sedikit mengurangi porsi makan telur
saya sendiri. Oke, kali ini saya mau bikin telur dadar, tapi bukan telur dadar doang. Telur dadar yang saya buat saya beri
sedikit variasi dengan menambahkan kacang goreng ke dalamnya. Duuh, apa rasanya tuh?? Hahahahaha, gak usah takut, yakin aja
kalau makanan yang dimasak dengan benar hingga matang dan juga diberi bumbu dengan porsi yang pas, pasti enak kok. Tingga
bagaimana cara kita mensyukuri makanan tersebut saja. Oke siapkan telur dan kacang goreng, kuali dan juga minyak goreng
tentunya. Jumlah telur dan kacang gorengya kalian sesuaikan saja sendiri yaaahh. Pecahkan telur, lalu masukkan dan kocok
di dalam mangkok. Setelah kuning dan putih telur menyatu, masukkan kacang goreng, lalu kocok kembali sampai rata. Berikutnya
kalian bisa menambahkan sedikit garam, cabe cair, ataupun saos cabe/tomat. Kocok lagi sampai semua tambahan bumbu nya melarut
kedalam telur. Siapkan kuali dan kompor, masukkan sedikit saja minyak goreng, panaskan dulu minyak goreng sebentar. Setelah
panas, lalu masukkan telur ke kuali. Jika kalian menggunakan kuali yang melengkung, maka ratakan dulu telur agar tidak menumpuk
di tengah kuali. Caranya tinggal kalian miring-miringkan saja kualinya. Biarkan sebentar, sampai kira-kira bagian bawah telur
sudah sedikit matang. Kemudian balikkan telur dengan cepat, biarkan sisi sebaliknya agak sedikit matang, lalu balikkan lagi,
begitu seterusnya sampai telur benar-benar matang. Oiyah, jangan sampai api kompor terlalu besar yaahh. Pokoknya kalian ingat,
kalau memasak pakai minyak goreng, jangan biarkan apinya terlalu besar, karena api yang besar dan membuat minyak panas dapat
membuat kadar Lemak jenuh di dalam minyak bertambah. Tentunya lemak jenuh sangat berbahaya bagi kesehatan. Oke, selamat menikmati yahh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar